Penyakit Saluran Kemih

Kandung kemih yang sehat mampu menjaga keadaan saluran kencing dengan mengeluarkan urine secara teratur dan urine bebas bakteri. Namun, keadaan tertentu menyebabkan masuknya bakteri (utamanya Eschereschia coli/E.coli) ke dalam saluran kencing.

Bakteri ini berasal dari rectum/dubur dengan lelauasa dapat berpindah ke uretra. Saluran kencing wanita yang lebih pendek dibandingkan pria serta letak lubang kencing yang juga sangat dekat dengan dubur mengakibatkan semakin mudahnya bakteri masuk ke uretra.

Gambar 1: Saluran kemih wanita

Gambar 2 : Saluran kencing pada pria

Infeksi yang terjadi pada saluran kencing serta keluarnya nanah dan kuman-kuman dari ginjal dapat menyebabkan rusaknya atau iritasi pada lapisan epithel pada kandung kemih.

Kandung kemih orang dewasa normal dapat menampung sekitar 400 ml cairan tanpa peningkatan tekanan intravesikel yang bermakna (< 20 cmH²O). Di atas angka ini, perasaan kandung kemih yang penuh akan dihantarkan ke medula spinalis sakral. Bila tidak ditekan oleh kontrol korteks, korda sakralis secara refleks mengubah impuls motorik yang kuat dan menyebabkan otot detrusor berkontraksi lama.

Penyakit saluran kemih dikenal dengan istilah ISK atau kepanjangannya Infeksi Saluran Kemih. Penyebab ISK adalah kebiasaan yang sering tidak kita sadari misalnya terlalu lama menahan kencing, kurang minum air putih, atau karena memang ada gangguan lain dalam tubuh.

Penyakit saluran kemih merupakan penyebab penyakit batu ginjal dan disusul gangguan pembesaran prostat pada laki-laki usia lanjut. penyakit saluran kemih dikenal dengan istilah ISK atau kepanjangannya Infeksi Saluran Kemih. Penyebab ISK adalah kebiasaan yang sering tidak kita sadari misalnya terlalu lama menahan kencing, kurang minum air putih, atau karena memang ada gangguan lain dalam tubuh.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.